info@rekayasaindustri.com

Front End Engineering Design (FEED)

Front End Engineering Design (FEED) adalah Dasar Perencanaan Engineering yang dilaksanakan setelah selesainya Conceptual Design atau Feasibility Study (FS).

Pada tahap ini, sebelum dimulainya EPC (Engineering Procurement and Cinstruction), berbagai studi dilakukan untuk mengetahui masalah teknis dan memperkirakan biaya investasi kasar. Pekerjaan ini biasanya ditugaskan kepada kontraktor EPC melalui penawaran ataupun pelelangan pekerjaan. Produk dari kegiatan tersebut adalah “Paket FEED” yang berjumlah hingga puluhan file dari berbagai bidang engineering yang terintergrasi satu sama lain dan akan menjadi dasar penawaran Kontrak EPC.

Untuk menghindara perubahan signifikan selama masa EPC maka sangatlah penting untuk dapat mendefinisikan tujuan dan rencana user/pemilik proyek serta persyaratan khusus selama proyek berlangsung ke dalam Paket FEED tanpa gagal. Proses Penyusunan FEED memakan waktu hingga 1 tahun untuk proyek berukuran besar seperti kilang LNG.

Sangat pentingnya komunikasi dengan user/pemilik proyek, maka untuk memudahkan urusan komunikasi dan berkordinasi perwakilan dari pemilik proyek akan ditempatkan di kantor Kontraktor EPC selama pekerjaan Penyusunan FEED berlangsung.

Process Engineering merupakan tahapan engineering yang tidak terpisahkan dari semua tahapan engineering, baik itu Feasibility Study (FS), Front End Engineering Design (FEED) maupun Detail Engineering Design (DED). Process Engineering merupakan jantung dalam desain engineering secara keseluruhan, yang memberikan dasar untuk disiplin engineering lainnya dalam menetapkan desain yang lebih dan juga biatya process engineering juga merupakan pengubung utama antara kebutuhan klien dengan engineering secara keseluruhan dengan tujuan utama mengefisienkan penggunaan biaya dengan tetap mempertahankan kehandalan operasional.

FRONT END ENGINEERING DESIGN (FEED) DOCUMENT

Document

Process

Process Safety

Mechanical

Piping

Instrument

ElectrIcal

Civil

Basus Design & Phylosophy (DOCX)

X

X

X

X

X

X

X

Specification (DOCX)

Calculation (XLSX)

Datasheet (XLSX)

X

X

X

X

X

X

Drawing (DWG)

X

X

X

X

X

X

X

List (XLSX)

X

X

X

MTO (DOCX)

RFQ (DOCX)

TBE (DOCX)

Jenis Layanan yang tersedia :

Process Basis & Criteria Design adalah dasar dalam perancangan keseluruhan sistem proses yang merupakan pondasi dalam process engineering, berisi data sistem masukan yang akan diolah dan target pengolahan serta batasan-batasan yang harus dipatuhi saat pendesainan.

Bagaimana AsPRO Melayani anda :

Kami spesialis dalam rekayasa proses.

Kami meyakini, bahwa semakin focus pada suatu layanan, maka semakin prima hasil yang diperoleh. Dan kami telah memilih Rekayasa Proses adalah fokus layanan kami. Pilihan itu semakin mantap dengan pengalaman sejak tahun 1987, dan ini akan menjadi sesuatu yang sangat berati dalam kami memberikan layanan.

Kami mempekerjakan individu yang berkualitas, dan berpengalaman.

Kami sampai pada pemahaman bahwa Rekayasa Proses bukan hanya sebuah ilmu, tetapi juga seni dan maha karya yang dipersembahkan dari berbagai disiplin ilmu. Hanya orang yang berkualitas dan dapat menikmati tahap pencapaian inilah yang akan memberikan hasil terbaik, dan ini terlihat dari pengalaman dan karya yang telah dihasilkannya. Dan kami beruntung dapat menggabungkan dan bergabung bersama mereka untuk dapat memberikan layanan kami.

Pengembangan yang terus-menerus.

Kami menyadari bahwa era dan teknologi berkembang sedemikian cepat. Paling tidak secepat itulah inovasi yang harus kami buat, agar pelanggan kami mendapatkan yang terbaik. Fosil, mungkin baik untuk diletakkan di museum, tetapi bukan pada Teknologi Rekayasa yang merupakan komitmen layanan terbaik kami.

Baca Produk dan Layanan Kami Lainnya​